Headlines News :
Home » , , , » Penyebab dan Solusi "Consider Replacing Your Battery"

Penyebab dan Solusi "Consider Replacing Your Battery"


apakah laptop anda mendapat peringatan seperti gambar disamping?

pada dasarnya, ini adalah salah satu fitur unggulan dari windows 7..

peringatan tersebut memberitahukan kita, bahwa baterai laptop kita sudah waktunya diganti...


namun, justru banyak yang menganggap fitur ini malah mengganggu... (termasuk saya...) karena banyak yang mengatakan kalau fitur ini salah dalam mengenali baterai laptop..

hari ini saya akan share pengalaman saya dan laptop tercinta saya yang juga mendapat peringatan tersebut..

hal pertama yang terfikirkan ketika mendapat peringatan "consider replacing your batery" adalah apa penyebabnya...


oh iya, sebelumnya saya beritahukan laptop saya 'toshiba satellite pro C640'..
tapi tips ini, Insya Allah bisa d coba ke semua jenis laptop.. karena pada dasarnya bukan laptopnya laptopnya yang eror, tapi karena windowsnya...

kemudian saya coba hilangkan peringatannya... caranya?

solusi 1 :
1. charge/cas baterai sampai penuh, kemudian masuk ke SAFE MODE
2. diamkan laptop sampai kehabisan baterai
3. cas dan hidupkan kembali...

hasilnya?... peringatan hilang, dan kembali normal...

mendiamkan laptop dalam keadaan SAFE MODE itu membuat windows mengecek ulang ketahanan baterai... setahu saya begitu...

1 hari setelahnya, peringatan tersebut kembali muncul di laptop saya, saya coba cari2 penyebabnya..
akhirnya, menurut pengamatan saya, peringatan tersebut muncul karena "seringnya terlalu lama mencharge/cas baterai laptop dan seringnya kehabisan baterai (benar-benar habis)"...

kok bisa?

iya, karena peringatan tersebut muncul setelah saya lupa melepas charger/cas baterai latop saya yang sudah penuh...

salah satu kebiasaan buruk saya itu sering lupa melepas charger, ketika baterai sudah penuh. jadi tetap menancap sampai berjam2.. (saking asiknya dengan laptop...)

solusi 2 :
akhirnya coba saya diamkan laptop saya, sampai kehabisan baterai (benar2 habis) tanpa masuk ke SAFE MODE..
setelah saya hidupkan kembali, ternyata peringatan tersebut hilang...


untuk solusi 2 saya belum mencoba pada laptop lain..

sampai sekarang, ketika baterai penuh, saya langsung melepas charger.. dan peringatan tersebut tidak muncul lagi...


jadi, saran saya... kalau baterai sudah penuh, chargernya dilepas saja...
atau jika mau menggunakan laptop dalam waktu lama, lebih baik baterainya dilepas.. langsung menggunakan charger saja...

itulah sedikit tips dari saya,
semoga bermanfaat.. ^_^

sumber : pengalaman pribadi
Share this article :

35 komentar:

  1. kalo masalahnya gini,, laptop udh di charge penuh tapi 15 menit setelah didiemin te2p mati gmn gan??mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu masuk SAFE MODE ap tidak?

      Hapus
    2. enggak mas...ya tak charge, full trz tak diemin,,

      Hapus
    3. coba masuk safe mode aja...

      Hapus
  2. Laptop q kan habis baterai, udah di charge trus pas dinyalain ada muncul alttab.exe has not working.. itu gimana cara ngilanginnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba masuk ke safe mode mbak.. trus di restart..

      Hapus
  3. gan gimana caranya masuk ke safe mode kok tekan f8 ga masuk2 ke advance bootnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wktu awl ngidupin laptop.. langsung tekan f8 gan.. nnti ad pilihan bwat masuk ke safe mode..

      kalau tidak bisa, coba yg ini..
      1. idupin laptopny, klu uda siap pake,
      2. tekan windows+r (yg bntukny kyak bendera)
      3. ketik 'msconfig' (tanpa tnda petik)
      4. ditab general pilih 'diagnostic startup'
      5. ditab book, pada book option, centang 'safe boot'
      6. apply, truz OK,
      7. restart laptopnya

      Hapus
  4. aku juga ngalamin hal yang sama.. nih Icon terasa mengganggu bgt.. aq dah pernah coba diemin nih Lepi ampe abis batterai tapi ttp icon ini ada terus.. nnti tak coba pake cara save mode.. thanks yaw... :]

    BalasHapus
  5. laptop aku juga mendapat notifikasi itu...uda q coba pkai cara masuk safe mode tp tanda silang merah pada baterai belum hilang...dalam keadaan safe mode laptop aku benar2 mati sekitar 1 jam lebih hampir 2 jam...
    yg jadi pertanyaan ku :
    -apa baterai laptop ku uda aus dan perlu diganti?
    -kalo laptop ku ga error,tapi windowsnya...ap dengan install ulang bisa ilang tu pesan consider replacing your battery...

    mohon pencerahan

    BalasHapus
  6. kak laptop saya juga ada pesan "consider replacing your batery" udah saya coba pake cara kakak yang diatas itu ,,, tapi tetap ga bisa kak,,

    pertanyaan saya :
    *apa baterai nya perlu di ganti kak.?

    boleh minta tips lain ga kak ????

    mohon jawaban nya !

    BalasHapus
  7. Wah, ini nih yang dicari-cari... makasih banyak sharing tips nya...

    BalasHapus
  8. wah laptop aq juga mengalami peringatan "Consider Replacing Your Battery" .......................
    Gimana nieh solusi yg terbaik ...

    apakah peringatan itu nunjukin kalo' battery bner* sudah tidak layak pakai ... ato peringatannya saja yg tidak sinkron / error ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada 2 kemungkinan,
      kalau ada tulisan consider replacing dan baterai tahan 2 jam/lbh kemungkinan itu sekedar bug dari wondows 7
      tapi jika ada peringatan disertai pendeknya masa hidup.. berarti baterai mulai ada gangguan pada cell nya,, :)

      Hapus
  9. http://muhammaddwisofyan.blogspot.com/2012/11/trik-mengatasi-dan-menghilangkan.html

    masuk sini gan .. kayaknya ada solusi lain ^^

    BalasHapus
  10. Nice Info gan. Sudah saya coba dan berhasil (y)

    BalasHapus
  11. Gan saya bingung ketika mau mlakukan trik itu kan d haruskan mengisi batrei 100% trlebihi dahulu tp klo consider kan batrei ga penuh2 bagaimana solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba masuk ke tampilan save mode gan... caranya :
      nyalakan laptop, sebelum masuk windows langsung tekan f8 dari awal..
      trs pilih save mode.. abis itu langsung d charge smpe 100%

      Hapus
  12. semua cara itu saya sudah coba tapi kok masih ada tulisan consider replacing ?mohon pencerahannya gan ?-_-ane panik nih

    BalasHapus
  13. semua cara itu saya sudah coba tapi kok masih ada tulisan consider replacing ?mohon pencerahannya gan ?-_-ane panik nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah bisa masuk save mode ? dan sudah di charge penuh?

      Hapus
  14. mendingan pakai baterai saja, kalo mati lampu galangsung mati laptopnya

    BalasHapus
  15. gan laptop saya consider 0%
    dulu pada waktu 25% mati mendadak kemudian 60% trus skarang gak bisa nyala kalau pakai bateray harus pake adapter
    sebelumnya laptop ku pernah kena guncangan

    BalasHapus
  16. thanks infonya gan . batre ane mantap lagi (Y)

    BalasHapus
  17. kalo saya biasanya suka tinggalin laptop dingin sendiri. baru dinyalain lagi. Bakalan kayak gitu lagi gak?

    BalasHapus
  18. gan masalah saya kek' gini : kalo laptop keadaan hidup trus dicas, nanti muncul tuh peringatan "considerblablabla..." kalo charger nya dicabut langsung hilang considerblablabla nya , itu apa ya masalahnya ??

    BalasHapus
  19. Dicoba aja dulu kan lumayan klo bisa jd perlu buang duit hehe

    BalasHapus
  20. mas mau tanya btrei oada kaptop saya bergambar mengisi padahal tidak bagaimana solusinya apakah karna saya pakai win 10?

    BalasHapus
  21. makasih atas solusinya...........^_^

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JQuantum Solution - All Rights Reserved
Template Modified by Achmad Chanifulloh
Proudly powered by Creating Website