Headlines News :
Home » , » Printer Epson R230x

Printer Epson R230x

Kali ini, saya akan coba share pengalaman saya tentang printer yang pastinya tidak asing bagi anda, Epson R230x.

printer yang satu ini memang bisa dibilang jagonya buat cetak foto, tentunya dalam kalangan printer inkjet, kalau dibandingkan sama printer laser ya jelas kalah... hehehehe...

saya membelinya dengan harga 1.800.000 sudah di infus... kalau baru, perkiraan saya sekitar 1.600.000..

untuk ukuran harga, bagi saya pribadi termasuk mahal... yaaaa, lumayan merogoh isi dompet... hehehe...

printer Epson R230x ini perkembangan dari adiknya yaitu Epson R230, yang memang sudah terkenal dengan kemahirannya dalam urusan cetak foto.. cie cie...



Epson R230x bisa dibilang bandel, karna selain hasil cetaknya bagus, terutama cetak gambar / foto, meskipun menggunakan 6 tinta, printer ini terbilang cepat dalam mencetak, lebih cepat daripada printer epson lainnya yang menggunakan 4 tinta.

pertama kali pake, langsung saya buat mencetak sertifikat menggunakan kertas glossy, (karna permintaan pelanggan). hasilnya OK banget.. (lebay mode:ON).

waktu itu saya seting text an image. lumayan baru awal sudah mencetak ratusan lembar, pikir saya.
awalnya aman-aman saja,  tapi ketika saya pake buat cetak foto pada kertas glossy, hasilnya agak berbintik. akhirnya saya coba cleaning, alhamdulillah, hasilnya tetap. akhirnya jurus andalan dikeluarkan, minta bantuan mbah google. cari-cari ternyata....... gak dapet.. hehehe

akhirnya saya coba-coba aja cetak ke kertas high glossy, dan sekali lagi, hasilnya tetap berbintik. saya pikir, ini kertasnya yang jelek ato tintanya yang jelek..
ternyata....
orangnya yang jelek... hehehehehehe

yah, jadi menghina diri sendiri... lanjut, saya coba-coba ke berbagai kertas dari segala penjuru dunia (pada cuma cari di malang aja... biar keren... hhehehe...). herannya, pada kertas HVS atau Bufallo biasa hasilnya bagus, tapi pas saya ke glossy hasilnya balik lagi, berbintik.

udah mulai jengkel ne, printer baru masa' hasilnya jelek.. kan malu... hehehe
saya coba cari kertas foto yang doff, alhamdulillah g dapet... dapetnya malah kertas silky. oke dah, coba aja....

hasilnya lumayan bagus, dan senengnya, bintik-bintknya hilang.. mungkin ketutup ma bintiknya kertasnya kale ya....

tapi hasilnya bagi saya masih kurang memuaskan... akhirnya coba-coba deh di setingan printernya. awalnya saya seting di kertas matte / doff. karna tidak ada pilihan untuk kertas silky.
saya coba deh, seting ke premium semigloss, dan hasilnya.......

tepat seperti yang saya harapkan...

setiap printer memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk Epson R230x ini. dibalik kecepatannya dan hasil cetak yang memuaskan, ternyata setiap dinyalakan, printer ini akan melakukan cleaning otomatis. hal ini bisa merugikan, karna akan menyedot tinta, yang membuat tinta cepat habis.

hal ini bisa di akali dengan menggunakan tinta yang standar / biasa saja. seperti kata salah satu teman saya, kalau menggunakan tinta yang bagus, ya kertasnya biasa saja. tapi kalau tintanya biasa, ya kertasnya yang bagus. hasilnya tetap bagus kok... tenang aja... ^_^
fungsinya hanya agar saling menutupi kekurangan, dan ngirit biaya... hehehehe

untuk yang buka usaha cetak foto digital bisa dicoba trik dari teman saya di atas. saya sarankan kalau menggunakan tinta biasa, menggunakan kertas silky atau doff / matte. dua jenis kertas tersebut bisa menutupi kekurangan tinta, hasilnya juga bagus, banyak yang suka, katanya kaya' kertas yang digunakan di studio foto. tapi kalau pakai tinta yang bagus, pakai glossy sudah cukup... ^_^

sering saya lihat di blog maupun di forum banyak yang bermasalah dengan printer Epson R230x. menurut saya, bukan karena printernya yang produk gagal, kita yang mungkin tidak mengerti cara merawatnya..
seperti dibawah ini (pengalaman pribadi)..

- jangan sering memindah-mindah printer, karna akan membuat head printer cepat bocor.
- jangan mencetak langsung terlalu banyak, karna menurut saya akan membuat printer kelelahan, yang bisa menyebabkan head bergaris dsb. usahakan mencetak 10 atau 20 lembar, kemudian istirahatkan 10 atau 20 menit, baru di gunakan kembali.
- usahakan diberi penutup untuk printer, agar tidak terkena debu.
- jangan gunakan kertas yang berdebu atau kertas yang terlalu tebal, karna bisa merusak roller.
- jangan terlalu sering melakukan cleaning, menurut saya itu juga bisa membuat head cepat rusak.

dll..


sampai disini dulu sharing saya tentang printer Epson R230x..
mari berbagi ilmu, dan pengalaman.. karena berbagi itu indah...


semoga bermanfaat... ^_^
Share this article :

20 komentar:

  1. Makasih infonya gan,sangat bermanfaat bagi saya yg mau buka usaha studio cetak foto..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 gan...
      thx sdah brkunjung...

      Hapus
    2. numpang lewat,tinta + Kertas yang bagus merk apa ya gan?

      Hapus
  2. Makasih infonya gan,sangat bermanfaat bagi saya,,,,,, http://radarcellular.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Hai,
    Mohon bantuannya gan
    Saya baru beli printer epson t13x
    Maksud hati buat dipakai print dikertas matte 220grm
    Tp dr pertama kali coba sudah paper jump dan stiap brapa lembar warning tinta habis dan print langsung terputus kertas keluar. Kira2 saya yg tidak ngerti memakai atau memang printer itu sprt itu? Mohon bantuannya.trimakasih. Uthin16@yahoo.com

    BalasHapus
  4. epson r230 lebih baik digunakan untuk foto saja atau kertas hps juga??
    terimakasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya pribadi fine2 aja kalau mau digunakan untuk kertas hvs juga...

      cuma epson r230 punya kualitas lebih dibanding yang lain dalam hal cetak foto...

      Hapus
    2. Menurut ane mending buat Foto om, soalnya hasilnya bener2 jos gandos
      tapi kalo sekedar ngeprint teks atau gambar di kertas hvs nggak masalah, tetep bagus kok. Cuma sayang sama tintanya, dianya kan pake 6 warna otomatis lebih banyak konsumsi tintanya. Kalo buat usaha kan untungnya lebih besar cetak Foto daripada sekedar print dokumen

      Hapus
  5. Wah... kebetulan nih saya mau beli printer Epson R230x.. Makasih banyak informasi nya...

    BalasHapus
  6. thanks info nya bray,..kebetulan lagi nyari R230x

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Pengen R230X akhirnya kesampaian juga.... Memang memuaskan Printer dari Epson ini.. hasil cetak lumayan bagus dan cukup handal juga...

    BalasHapus
  9. Aslm.... mw tanya.. klo cartridge r230 di pke di r230x bisa tidak??? Apakah tidak akan merusak epson r230x nya...tolong pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah bisa gan.. soalnya R230x it versi lanjutannya R230

      Hapus
  10. mau tanya,ciri2 head yg bocor apa yaa ?
    saya punya epson 1390,saat di vakum,di tinta putihnya keluar warna biru2 tua,bukannya putih.
    jika ada solusinya mohon di share
    makasih.

    BalasHapus
  11. Gan saya baru buka usaha cetak foto.printer yg saya pakai epson l800 krn r230 sdh diskontinue masalahnya setiap saya cetak foto area yg gelap menjadi ke hijau hijauan.saya pakai kertas silky di printer setting saya pilih papper matte.kalau saya print di kertas hvs hasilnya bagus.apa harus pilih epson premium semigloss.mohon pencerahannya.salam deny

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake kertas silky di epson, yg prnah sya pake it semigloss. hsilny ckup bgus.. klo yg paper matte emank untuk krtas matte.. yg kyak kulit jeruk..

      Hapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JQuantum Solution - All Rights Reserved
Template Modified by Achmad Chanifulloh
Proudly powered by Creating Website