Headlines News :
Home » , , » Tips Menawarkan Proposal Sponsorship

Tips Menawarkan Proposal Sponsorship

Seringkali kita kebingungan dalam mencari sponsor untuk event yang kita adakan, apa lagi kalau sudah menawarkan proposal kemana-mana tapi masih belum ada kejelasan.

beberapa waktu yang lalu, salah satu teman saya sedang kebingungan karena belum mendapatkan sponsor untuk salah satu event yang diadakannya. karena suatu keadaan, saya mohon maaf tidak bisa membantu secara langsung. sebagai gantinya saya berikan sedikit tips ini, semoga bisa membantu.

 langsung saja... lets get started... senyum ^_^


1. Kenali Event yang diadakan
          seringkali kita tidak mengenali event yang kita adakan, seperti event ini untuk siapa? apa manfaatnya? bagaimana dampak sosialnya? dsb. hal ini sangat berbahaya ketika anda datang menawarkan sponsorship ke sebuah perusahaan. sang manager duduk dengan santai sambil membaca proposal anda, lalu bertanya kepada anda "apa manfaat dari event ini?". nah lho... apa ya... ya sekedar kumpul-kumpul aja pak... ^_^.
jangan sampai hal di atas terjadi kepada anda, maka dari itu kenali event yang anda adakan. karena mencegah lebih baik dari mengobati.. loh.. kok malah ke obat... karena ke dokter sekarang mahal (ga nyambung ea... ^_^).

2. Kenali Perusahaan
          sebelum menawarkan proposal sponsor ke sebuah perusahaan, kenali dulu perusahaan tersebut. Jangan sampai kita menawarkan kerjasama dengan perusahaan alat-alat masak sedangkan acara yang kita buat adalah pelatihan internet. Ada parameter yang diukur oleh mereka, salah satunya adalah kecocokan bidang antara event dengan perusahaan tersebut.

3. Pahami apa yang di inginkan sponsor
           Karena timbal balik itu pasti ada, maka ketahui apa yang di inginkan oleh sponsor mulai dari hal-hal kecil seperti spanduk, publikasi, bundling produk sampai sponsor pendukung. Jika tidak mengetahui apa yang diinginkan oleh sponsor biasanya akan menjadi kesenggangan di akhir acara dan akan merusak hubungan dengan perusahaan itu.

4. Perhatikan Proposal
           Proposal menjadi bagian penting dalam sebuah penyelenggaan acara. Proposal menjadi pengetahuan awal bagi sponsor tentang apa dan bagaimana event yang ingin kita buat. Jadi kita harus perhatikan detail-detail dalam penulisan. Jika di minta mempresentasikan, buatlah power point dengan menawan. sehingga sponsor mau mempertimbangkan acara kita.

5. Berpakaian yang Rapi Saat Menawarkan
          yang ini juga tak kalah penting. berpakaianlah yang rapi, selain membuat anda tampak lebih ganteng..^_^  hal ini juga akan memberikan kesan pertama yang baik bagi sponsor. ada pepatah lama mengatakan "penampilan adalah cermin kepribadian", untuk terlihat rapi tidak harus menggunakan pakaian yang mahal kok... percaya dech... lagian ga' ada ruginya kan kalau kita berpakaian rapi. ^_^ peace....
6. Kuasai Isi Proposal
           dengan isi proposal yang jelas, bukan berarti anda tidak harus menguasai isinya. sponsor tidak akan hanya melihat proposal, lalu setuju begitu saja. sponsor butuh penjelasan anda untuk hal-hal yang kurang mereka pahami dari isi proposal tersebut. anda tidak harus pandai dalam berbicara, anda hanya harus bisa menjelaskan isi proposal anda kepada sponsor. jangan sampai penawaran anda gagal, hanya karena anda tidak bisa menjelaskan isi proposal anda... kan lucu jadinya, kalu anda tidak bisa menjelaskan proposal anda sendiri.

7. Follow Up
          ini yang paling penting dan paling sering dilupakan oleh kita,  follow up atau menindaklajuti penawaran anda. pelajaran ini saya dapatkan ketika saya masih aktif dalam sebuah bisnis MLM. hal ini saya katakan penting sekali, karena seringkali orang berubah pikiran ketika di follow up. yang awalnya menolak menjadi mau mempertimbangkan kembali, bahkan tidak jarang yang langsung menyetujui untuk kerjasama. hal ini juga menunjukkan bahwa anda sungguh-sungguh dalam menawarkan  kepada sponsor anda.

8. Update Proposal
          hal ini juga penting dan sering juga terlupakan oleh kita, ada banyak faktor yang membuat sponsor menolak untuk bekerjasama dengan kita, salah satunya adalah karena kesalahan isi proposal. seperti yang saya katakan diatas, proposal menjadi pengetahuan awal bagi sponsor. oleh karena itu, jika anda mengalami penolakan dalam menawarkan kerjasama anda, coba cek kembali isi proposal anda. mungkin ada kesalahan penulisan nama atau anggaran pendanaannya yang kurang jelas, atau hal-hal yang mungkin dinilai tidak wajar bagi sponsor.

9. Acara, Peserta, Outcome
           konsep acara menjadi salah satu patokan sponsor mau bekerjasama dengan kita. Buatlah acara yang menarik dan sekreatif mungkin. Make it Different .. berikan nilai lebih pada event anda. 
seringkali yang pertama kali ditanya oleh sponsor adalah jumlah peserta. Sedikit-banyaknya peserta sangat berpengaruh terhadap besar-kecilnya bantuan yang akan mereka berikan.
selain itu, outcome atau hasil menjadi pembeda kita dari event organizer lainnya. buatlah event anda mempunyai dampak sosial bukan hanya bagi pesertanya, tapi juga untuk masyarakat luas. Jangan hanya beriorientasi pada output atau pendapatan.

10. Berdo'a
          yang terakhir, jangan pernah lupa untuk berdo'a. mohon ampun kepada-Nya, mohon diberikan jalan dan kelancaran pada setiap usaha anda. karena tanpa berdo'a, tidak akan ada artinya semua usaha anda. karena tanpa ridho-Nya, segala usaha anda tidak akan berguna. karena usaha tanpa do'a adalah hampa, dan do'a tanpa usaha adalah sia-sia.


itulah sedikit tips dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan atau kata.. 
saya hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari salah dan lupa....

mari belajar sambil berbagi.... karena berbagi itu indah... ^_^

semoga bermafaat bagi kita semua... Amieen...

By me : Chanif_HMJF

sumber : google.com
             http://wahyualam.com 
             pelajaran di masa lalu
 
Share this article :

1 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JQuantum Solution - All Rights Reserved
Template Modified by Achmad Chanifulloh
Proudly powered by Creating Website