Headlines News :
Home » , » Tips Agar Tidak Demam Panggung

Tips Agar Tidak Demam Panggung


1.       Harus Menguasai Produk Atau Tema
Syarat utama, kuasai dulu tema yang hendak dibicarakan sebelum acara dimulai. Dan kalau membawakan sebuah acara. Anda harus mengetahui detail acara itu. Ini membantu anda untuk tidak grogi. Agar PD siapkan penampilan mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki.

2.       Audience Dan Lokasi
Pelajari dulu audience anda. Yakni garis besar latar belakang mereka, pekerjaan, jabatan dsb. Dengan begitu anda bisa mempersiapkan diri. Jangan lupa, tinjau lokasi. Jika hendak menjadi MC, datanglah ke lokasi sebelum acara dimulai, untuk mengetahui sikon disana.

3.       Kata Pembuka Kreatif
Kata pembuka adalah modal untuk menghilangkan demam panggung. Karena itu merupakan kesan ke dua setelah penampilan fisik anda. Jadi, carilah kata pembuka yang cukup kreatif. Jika udience senang dengan kata pembuka anda, demam panggung anda pasti berkurang

4.       Buat Kontak Mata
Cari dan buatlah kontak mata dengan audience yang memberi anda support. Karena itu akan memberi anda kekuatan tersendiri. Sebaiknya, jangan melakukan kontak mata dengan mereka yang sinis atau tidak perduli.

5.       Memotivasi Diri
Tidak ada salahnya menganggap bahwa andalah satu-satunya orang yang ahli dalam produk atau tema itu. Jika berhasil, maka lenyaplah demam panggung. Setelah itu barulah anda ‘ menginjakkan kaki ’. artinya, jangan beranggapan kalau audience tidak tahu apa-apa.

6.       Berlatih Dan Berlatih
Tidak ada pertunjukan yang sempurna tanpa latihan yang cukup. Sebelum tampil berlatihlah dan anda juga bisa mencari angle posisi tubuh yang bagus. Carilah ekspresi, gaya bicara dan bahasa tubuh yang bagus.

7.       Ciptakan Pengalaman
Ambil kesempatan untuk tampil didepan banyak orang. Karena itu akan menambah pengalaman.

8.       Cukup Tidur Dan Makan
Sebelum tampil, sebaiknya anda cukup istirahat dan tidur. Perutpun usahakan jangan kosong, karena lapar akan membuat kondisi fisik tidak fit dan konsentrasi terpecah.

9.       Durasi
Tetap perhitungkan durasi. Meskipun orang-orang nyaman dan antusias dengan apa yang anda bicarakan, jangan lupa batas waktu. Batas maksimal berbicara didepan banyak orang adalah dua jam. Setelah itu biasanya kehilangan konsentrasi. Seandainya sebelum dua jam, audience bosan, ciptakan humor segar.

10.   Jadi Diri Sendiri
Tetaplah jadi diri sendiri, meskipun anda meneladani gaya orang lain.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JQuantum Solution - All Rights Reserved
Template Modified by Achmad Chanifulloh
Proudly powered by Creating Website