Headlines News :
Home » , » Tips Cara Belajar Yang Efektif

Tips Cara Belajar Yang Efektif

 untuk yang ingin lebih mengefektifkan cara belajarnya, berikut tips cara belajar yang efektif :
  • Belajar Itu Memahami Bukan Sekedar Menghafal
Tujuan utama belajar adalah untuk menguasai materi dalam subjek yang sedang kita pelajari. Tapi, apakah semua materi yang harus dihafal seluruhnya tanpa anda menguasainya? Tentu tidak bukan. Sebelum memulai fokus pada pelajaran, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.

  • Membaca Adalah Kunci Belajar
Agar kita benar-benar memahaminya, minimal bacalah materi yang sedang anda pelajari dua kali dalam sehari, yaitu sebelum dan sesudah materi itu dijelaskan oleh guru anda. Alasannya karena otak sudah mengolah materi sebanyak tiga kali dan dijamin ingatan anda akan materi tersebut akan bertahan lama.

  • Mencatat Inti Materi
Perlahan berhentilah untuk membuat catatan yang panjang. Cobalah beralih pada catatan yang singkat, dengan cara mengambil intisari atau kesimpulan dari mata pelajaran yang telah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nantinya berguna untuk menjawab ujian kamu didepan.

  • Hafalkan Kata-Kata Kunci
Terkadang disaat kita sulit memahami, mau tidak mau kita harus menghafal bagian materi yang sulit dipahami. Hal ini bisa diatasi dengan membuat kata-kata kunci dari materi yang anda hafal. Tujuannya untuk membuat hafalan tersebut menjadi lebih ringkas dan mudah untuk dihafal.

  • Pilih Waktu Belajar Yang Tepat
Waktu dimana otak mampu menyerap ilmu dengan baik adalah pada saat pagi hari. Dimana otak masih segar belum terbebani oleh pikiran-pikiran sebelumnya. Oleh karena itu, disarankan kamu-kamu yang beragama islam, cobalah untuk membiasakan diri sholat malam dan terbiasa mendengar lantunan Al-Qur’an. Ini juga terbukti mampu meningkatkan ingatan anda.

  • Bentuk Kelompok Belajar
Kalau anda mulai bosan belajar sendiri, cobalah anda mengajak teman-teman anda untuk belajar bersama atau membentuk kelompok belajar.

  • Kembangkan Materi Yang Sudah Dipelajari
Layaknya seorang ilmuwan, cobalah anda berpikir kritis dengan mata pelajaran yang sedang anda kuasai. Kemudian, cobalah untuk mencari jawaban dari pertanyaan anda selengkap-lengkapnya. Metode ini juga akan membuat anda terbiasa untuk menjawan setiap pertanyaan baik secara lisan maupun tulisan.

  • Latihlah Kemampuan Anda
setelah anda membaca dan memahami materi yang sedang anda pelajari. Cobalah untuk melatih kemampuan anda dengan menjawab setiap pertanyaan yang ada diakhir bab materi anda. Biasanya, pertanyaan-pertanyaan tersebut mampu merangsang otak anda untuk berpikir dan mengasah kemampuan anda secara alami.

  • Bangun Suasana Belajar Yang Nyaman
Bangun suasana belajar anda sesuai keinginan anda. Kenalilah diri anda terlebih dahulu, tipe belajar dan suasana belajar yang bagaimanakah yang sesuai dengan anda. Suasana yang dapat membuat anda merasa nyaman pada saat belajar.

  • Sediakan Waktu Untuk Istirahat
Mungkin ada saat ini sedang merasa “on fire” dalam belajar dan terlalu semangat untuk menguasai materi tanpa istirahat. Tapi, apakah efektif dengan cara belajar yang seperti itu....?? jawabannya adalah tidak. Kenapa....?? karena otak anda sesungguhnya membutuhkan istirahat setelah sekian lama mengolah materi yang anda pelajari. Setelah anda belajar kurang lebih selama satu jam atau lebih, cobalah untuk beristirahat sebentar, agar otak anda tidak tegang, dapat kembali fres, dan siap untuk menerima materi selanjutnya. Waktu yag paling efektif untuk menerapkan metode ini adalah satu bulan sebelum ujian dimulai.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JQuantum Solution - All Rights Reserved
Template Modified by Achmad Chanifulloh
Proudly powered by Creating Website